community services program

Pandemi yang disebabkan oleh virus Covid-19 tidak hanya berimbas pada kesehatan dan ekonomi dunia namun juga pada kehidupan hewan liar di kota kota besar seperti Bandung. Jumlah hewan liar yang terus meningkat tanpa kontrol setiap harinya menjadikan resiko hewan liar ini untuk terpapar kekerasan dan kerasnya hidup di jalanan meningkat pula.

Minimnya fasilitas yang disediakan oleh pemerintah untuk mengatasi masalah ini menjadikan banyak munculnya inisiatif dari komunitas pecinta hewan. Salah satunya adalah komunitas Free Hibah Kucing Bandung yang mendedikasikan diri untuk menolong, merawat dan menyalurkan sistem adopsi bagi kucing foster yang telah sehat. Namun berbagai kendala muncul karena organisasi mandiri ini bersifat non-profit, banyak dari anggota komunitas yang menjadikan rumah tinggal pribadi sebagai penampungan hewan tanpa mengindahkan standar yang ada. Alhasil higienitas ruang tinggal kucing dan manusia menjadi rendah akibat fasilitas dan area tinggal tercampur.

Melihat adanya potensi yang bisa dikembangkan dari permasalahan ini, maka pada program Pengabdian pada Masyarakat ini dilakukanlah penataan ulang ruang penampungan kucing dan sumbangan desain kandang untuk komunitas Free Hibah Kucing Bandung.

Workshop pembuatan kandang ini berlangsung dari bulang Juli hingga Oktober 2020. Namun tidak hanya berhenti hingga tahap penataan tata tuang penampungan dan pembuatan kandang saja, pengabdian ini akan diadakan berjenjang ke tahap selanjutnya yaitu eksplorasi desain kandang, eksplorasi cat friendly furniture dan eksplorasi cat -play furniture.

Tim Abdimas:

Dea Aulia Widyaevan

Ganesha Puspa Nabila

Setiamurti Rahardjo

Putridina Akmalia

Neneng Awliah

Gilang Kyang Santang