community services program

Perancangan dan Pelatihan Pengelolaan Website Pondok Pesantren Assubkiyah Kabupaten Bandung

Pada era digital ini, suatu lembaga pendidikan harus memiliki website berisi informasi profil, visi-misi, dan aktivitas sebagai bentuk publikasinya, termasuk pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan tradisional Agama Islam.  Pesantren Assubkiyah adalah salah satunya, berlokasi di Kampung Sodong, Dusun Nagrak, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung.

Pesantren Assubkiyah yang berlokasi di pelosok, sulit dijangkau para orang tua yang ingin menitipkan putra-putrinya di sana.  Keberadaan website akan memudahkan mereka untuk mengakses dan mengetahui segala sesuatunya mengenai Pesantren Assubkiyah, sebelum memutuskan untuk menyekolahkan putra-putrinya di sana.

Untuk itulah, Kamis 26 November 2020 lalu, tim dosen FIK Tel-U, prodi DKV, gabungan Kelompok Keahlian ACTIES, DECONSTRA, dan MEDCRAFT, melaksanakan pengabdian masyarakat di Assubkiyah.  Tim ini merancang desain website informasi mengenai Pondok Pesantren, beserta pelatihan pengelolaannya untuk staf pengurus dan santri-santriwatinya.  

 

Mereka adalah Moh. Isa Pramana (ketua), I Dewa Alit Dwija, Didit Widiatmoko, I Gusti Agung Rangga Lawe dan Irfan Dwi Rahadianto.  Sementara dari Assubkiyah adalah Ustadz Ecep Husni Aziz dan Ustadzah Furi Siti Fauziah (staf pengurus), juga beberapa santri.

Sebelumnya sudah dilakukan survey mengenai kebutuhan mitra.  Bpk. Agung dan Bpk. Irfan sudah mempersiapkan desain website yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mitra berikut kontennya, sehingga saat pelatihan sudah ada website yang bisa dipergunakan mitra.

Setelah ketua tim menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan ini, Bpk. Agung Rangga Lawe memberikan tutorial memasukkan konten pada website, sekaligus cara mengubah dan memperbaharuinya.  Kemudian Ustadz Ecep Husni dan para santrinya mencoba mempraktekkannya.  Dilanjutkan dengan pelatihan mengunggah konten video dan membuat tautannya di situs baru ini oleh Bpk. Irfan.  Kegiatan berlangsung dengan penuh rasa kekeluargaan.  

Respon mitra sangatlah positif menyambut kegiatan ini, menyadari manfaat pengelolaan website.  Mereka sangat antusias menerima pelatihan dan mempraktekkan cara mengisi dan memperbaharui konten-konten website.  Harapan mereka akan ada lagi pelatihan dari para dosen Tel-U yang memiliki manfaat nyata seperti kali ini.

Tim:

M. Isa Pramana

Didit Widiatmoko