community services program

Pasca Pandemic Covid 19 masyarakat berhadapan dengan “New Normal” yang artinya harus berkehidupan dengan standar protokol kesehatan. Termasuk di lingkungan masjid sebagai fasilitas publik membutuhkan standar proptokol kesehatan.

 

Salah satu protokol kesehatan adalah selalu mencuci tangan dan social distancing. Untuk mencapai hal tersebut maka dibutuhkan fasilitas pendukung berupa sarana kebersihan dan ketertibaan dalam menyimpan sandal/sepatu di lingkungan masjid.

 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan solusi kepada masyarakat terkait mengenai upaya pencegahan penyebaran virus Covid 19 di lingkungan tempat ibadah khususnya Masjid Al Huda Cluster Rancamanyar. Metoda pengabdian masyarakat ini adalah deskriptip evaluatif, analisis dan implementasi desain.

 

Desain Furnitur Multifungsi, Pintar Dan Sehat pada objek pengabdian masyarakat ini berfungsi sebagai fasilitas pendukung bagi kenyamanan jamaah dalam menyimpan sandal atau sepatu dan tetap menjaga kebersihan sesuai protokol kesehatan dari dinas kesehatan.

 

Furnitur Multifungsi, Pintar Dan Sehat ini sebagai sebagai bentuk kepedulian dan respon terhadap kondisi saat ini pasca pandemik Covid 19. Furnitur Multifungsi, Pintar Dan Sehat ini di sebuah masjid merupakan suatu bentuk pelayanan terhadap masyarakat/jamaah Masjid Al – Huda untuk mendukung pencgahan penyebaran virus covid 19 danmnyambut kehidupan “New Normal” , sehingga masyarakat/jamaah merasa nyaman dan aman.

 

Peningkatan mutu pelayanan warga harus didukung oleh fasilitas yang layak (tertata dengan baik) dan sesuai standar protokol kesehatan, selain itu diharapkan dapat memberikan unsur edukasi dalam menghadapi kehidupan “New Normal” pada keseluruhan bermasyarakat bagiwarga setempat khususnya di lingkungan pemukiman Rancamanyar.

Konsep desain furnitur ini menggunakan konsep multifungsi dalam penggunaannya dengan beragam fungsi dan tujuan, bisa untuk menyimpan alas kaki, menaruh barang, dan masih banyak lagi sehingga praktis, ringkas, dan berdaya guna lebih.

 

Pintar karena dapat beradaptasi dengan ruangan atau space yang tersedia dengan sistem modular sehingga komposisi bentuk dan ukuran dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna agar lebih efisien dalam penggunaan dan desain rak terbuka yang dapat memperlancar sirkulasi udara yang baik sehingga meningkatkan kenyamanannya.

 

Sehat, dalam sustainability design menerapkan protokol kesehatan dan penggunaan material anti bakteri agar kebersihan terjaga saat pemakaian furnitur tesebut. Selain itu, furniture dilengkapi tempat sanitize berupa botol dispenser hand sanitizer bagi jamaah yang hendak masuk ke dalam masjid.

Tim Abdimas:

Tita Cardiah, Hendi Anwar & Rangga Firmansyah