community services program

Lembaga pendidikan dimulai dari tingkat yang paling dasar sampai paling atas sudah sepatutnya memiliki fasilitas pendidikan yang memenuhi kebutuhan pengguna dan aktivitasnya. Hal ini dapat dipenuhi dengan mempertimbangkan banyak aspek desain, termasuk mebel. Mebel digunakan sebagai medium proses belajar maupun medium untuk penyimpanan kelengkapan peserta ajar maupun pengajar. Masing-masing jenis mebel memiliki peran yang penting dalam menyediakan kegiatan pembelajaran yang ideal, dalam memenuhi kategori, siswa mampu melaksanakan pembelajaran dengan tenang, aman dan nyaman, serta pengajar mampu menyampaikan materi atau berinteraksi dengan optimal.

TKA dan TPQ Al Hijrah merupakan lingkungan pembelajaran dasar bagi anak-anak, dan lingkungan pembelajaran ini harus memberikan suasana selain nyaman juga menyenangkan agar siswa termotivasi dalam belajar dan betah dalam periode pembelajarannya, termasuk mebelnya. Aspek desain mebel dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, yakni, ergonomi pengguna, jenis aktivitas, serta juga kebutuhan spesifik lainnya. Tim PKM berfokus pada fasilitas mebel penyimpanan yang secara skala prioritas sangat dibutuhkan oleh masyarakat sasar. Hal ini untuk mempersiapkan lingkungan pembelajaran yang ideal pada sekolah untuk pasca pandemi.

Bentuk pelaksanaan kegiatan berupa survey lokasi dan studi literature, proses desain, serta evaluasi. Saat proses desain berlangsung, ternyata sudah tersedia mebel penyimpanan fabrikasi yang telah mempertimbangkan kategori pengguna anak-anak. Mebel fabrikasi ini pun dipilih karena sesuai dengan konsep lingkungan existing. Desain fabrikasi akan menjadi pilihan yang tepat saat dibutuhkan unit yang cukup banyak dan penghematan dana dibandingkan dengan desain custom. 

Kegiatan Pengabdian masyarakat ini berlangsung selama satu periode (lima bulan) dari Februari hingga Juni 2021. Proses kegiatan pengabdian masyarakat berlangsung secara offline dan online. Adapun luaran yang akan diberikan pada mitra meliputi dokumen desain yang terdiri dari gambar kerja dan 2 unit mebel penyimpanan fabrikasi. Dari evaluasi, mitra merasa program pengabdian masyarakat ini sudah sesuai dengan tujuan, kebutuhan, dan bersedia untuk bekerjasama lagi pada kegiatan pengabdian masyarakat Universitas Telkom selanjutnya.

Tim:

 

Fajarsani Retno Palupi, S.Sn, M.Ds 

Vika Haristianti S.Ds, M.T. 

Arnanti Primiana Yuniati, M. Ds. 

Krisnaldi

Kartika Yuliasari