community services program

Perancangan Standar Manual Grafis dan Pengimplementasiannya pada Visual Kedai Kopi Binaan Komunitas di Kecamatan Pangalengan

Pengabdian Masyarakat pada tahun 2022 ini merupakan lanjutan dari tiga Pengabdian sebelumnya, yakni, yang pertama: Perancangan Logo dan Implementasinya Pada Kemasan Untuk Komunitas Petani Kopi Ambeu di Pangalengan, yang kedua Perancangan Tampilan Media Sosial bagi UKM Mitra Komunitas Petani Kopi Ambeu Preanger di Pangalengan, dan yang ketiga, Perancangan Identitas Visual dan Implementasinya Pada Kedai Kopi Binaan Komunitas Petani Kopi Ambeu Preanger di Pangalengan.

Dalam Pengabdian Masyarakat kali ini, tim pemateri dan perancang membuat Standar Manual Grafis. Standar Manual Grafis, atau yang sering disebut Graphic Standard Manual adalah suatu acuan dalam sebuah perancangan media komunikasi, yang disusun secara sistematis dan terstruktur yang dapat digunakan sebagai pedoman bagi para desainer, atau pihak yang akan menggunakan logo dalam pengaplikasiannya ke berbagai media. 

Foto Kegiatan Pengabdian Masyarakat 2022
Standar Manual Grafis dapat berfungsi menjadi patokan yang menghindarkan dari kesalahan penerapan logo, yang tentu akan berpengaruh pada citra dari perusahaan tersebut. Hal yang sering terjadi akibat tidak mengikuti Standar Manual Grafis adalah, logo mengalami perubahan dari bentuk awal, tata letak, dan warna sehingga berimbas pada perbedaan persepsi identitas visual. Tentu saja ini harus dihindari, supaya logonya tidak menjadi berkesan murah atau tidak mempunyai citra yang kuat di audiens.
Dari Pengabdian Masyarakat yang telah kami lakukan, kami menemukan bahwa kebutuhan yang paling mendesak adalah Peta Wisata yang memuat lokasi dari Kedai Kopi Binaan Komunitas di Kecamatan Pangalengan. Sebagai salah satu destinasi wisata, Pangalengan selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap akhir pekan atau hari libur lainnya. Berdasarkan wawancara, pada libur Idul Fitri yang lalu, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pangalengan sangatlah banyak. Adanya dasar inilah kemudian pada kegiatan Pengabdian Masyarakat kali ini pula kami membuat pemetaan lanjutan yang akan menjadi dalam pembuatan Peta Wisata Kopi dalam Pengabdian Masyarakat selanjutnya. Ada pun kedai kopi yang kami petakan untuk sementara adalah Malabar Mountain Coffee, Kerta Coffee and Tea, Rumah Kopi Pangalengan X Dapur Titih, Road Dream Coffee, Nagoya Coffee.