community services program

Sebagai salah satu jenis hewan peliharaan, kucing termasuk jenis yang mudah berkembang biak dan memiliki populasi sangat banyak. Kabar baiknya, kini intensi masyarakat terhadap kucing semakin meningkat, sehingga semakin banyak pula minat masyarakat untuk menampung kucing di tempat tinggalnya. Untuk mengapresiasi atensi tersebut, tim Pengabdian Masyarakat dari Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom melakukan transformasi sebagian area hunian komunitas Free Hibah Kucing Bandung (FKHB), supaya dapat menampung kucing baik untuk rawat inap kucing sakit ataupun penitipan kucing sehat, sementara area interior lainnya juga tetap bisa berfungsi dengan baik.
Adaptasi interior perlu dilakukan, untuk membuat area penampungan dan perawatan kucing yang mudah dikelola, dibersihkan dan affordable. Untuk itu, kegiatan remodeling, menjadi salah satu gagasan penting, untuk bisa mengadaptasikan hunian dengan lahan terbatas, namun bisa menjadi area untuk penampungan kucing sementara.
Gagasan tata ruang pada pengabdian masyarakat kali ini, diharapkan mampu membuat inspirasi baru para anggota komunitas, supaya bisa menyalurkan hobi nya secara komersial. Gagasan kegiatan ini secara jangka panjang, adalah untuk memberikan tawaran desain non-anthropocene, dimana perspesi akan ekologi dan sustainibilitas, tidak saja dilihat dari pengelolaan material pada produk, namun bisa ditinjau dari hubungan ekologis hewan-manusia, pada era desain anthropcene (desain industri/modern).
Penyelenggaraan kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2022 di shelter penampungan FHKB, Jalan Ligar Indah 94-95 Bandung. Produksi karya berupa pembuatan karya dan instalasi yang melibatkan partisipan mahasiswa dan partisipan komunitas FHKB. Pada tahap ini, imporvisasi desain sangat dimungkinkan jika di lokasi ada hal yang tidak sesuai dengan kebutuhan desain yang telah di simulasikan pada 3d.