KATALOG PENGARSIPAN KARYA SENI SETIAWAN SABANA

Bandung, Telkom University 08/01/2024. Seni rupa adalah salah satu perwujudan kebudayaan yang berharga, dan keberadaan pengarsipan karya seni memiliki peran strategis dalam pelestarian, penelitian, dan penyebaran informasi mengenai warisan seni rupa di Indonesia. Dalam upaya pelestarian tersebut, tim Abdimas Telkom University berkolaborasi dengan DCL (Design Culture Lab), sebuah inisiatif riset yang berpusat di Bandung, mewujudkan pengarsipan karya seni seniman Setiawan Sabana sebagai bagian dari pengarsipan awal seni rupa nasional di Indonesia dalam bentuk katalog. Kegiatan perancangan katalog ini diharapkan dapat menjadi awal pengimplementasian pendataan dan klasifikasi karya seni seniman Setiawan Sabana sebagai arsip perkembangan seni rupa nasional di Indonesia, yang dapat dihadirkan ke dalam masyarakat yang lebih luas.

Kegiatan berlangsung selama 3 kali yang dilaksanakan di tiap hari Jum’at, tanggal 15, 22, 29 Desember 2023, pukul 10.00 WIB s/d 15.00 WIB. Bertempat di Garasi 10, Jalan Rebana 10, Bandung (kediaman mendiang Setiawan Sabana). Kegiatan yang dilakukan pertama kali adalah, klasifikasi dan listing variabel data, serta pengumpulan karya seni. Di hari kedua dilakukan dokumentasi karya seni sebanyak 184 karya, serta di hari ketiga dilakukan revisi daftar pengkaryaan data, serta finalisasi pendataan yang diwujudkan dalam bank data yang nantinya akan diwujudkan dalam katalog. Proses pengambilan data ini akan disusun dalam narasi oleh para kontributor yang diwujudkan menjadi katalog. 

Wibisono Tegar Guna Putra, S.E., M.A. (NIP :19870014), Rahmiati Aulia, S.Sn., M.M. (NIP : 22880009), Ligar Muthmainnah, M.Ds. (NIP: 23950003).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *