ZINE SEBAGAI MEDIA PENGARSIPAN KARYA SENI SETIAWAN SABANA

Bandung, Telkom University, 08/01/2024. Zine adalah salah satu bentuk media cetak alternatif yang diterbitkan secara independen. Dalam konteks publikasi arsip karya seni, zine dapat memiliki peran penting dalam melestarikan karya seni, termasuk karya seni grafis seperti yang dihasilkan oleh seniman Setiawan Sabana. DCL (Design Culture Lab), sebuah inisiatif riset yang berpusat di Bandung berkolaborasi dengan tim Abdimas Telkom University untuk mempublikasikan kegiatan pengarsipan karya seni seniman Setiawan Sabana dalam bentuk zine. Kegiatan perancangan zine ini diharapkan dapat menjadi awal pengimplementasian pengarsipan karya seni seniman Setiawan Sabana untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dan memperkenalkan karya seni kepada orang-orang yang mungkin tidak terlibat dalam dunia seni secara konvensional.

Kegiatan berlangsung selama 3 kali yang dilaksanakan di tiap hari Jum’at, tanggal 15, 22, 29 Desember 2023, pukul 10.00 WIB s/d 15.00 WIB. Bertempat di Garasi 10, Jalan Rebana 10, Bandung (kediaman mendiang Setiawan Sabana). Kegiatan yang dilakukan pertama kali adalah, klasifikasi dan listing variabel data, serta pengumpulan karya seni. Di hari kedua dilakukan dokumentasi karya seni sebanyak 184 karya, serta di hari ketiga dilakukan revisi daftar pengkaryaan data, serta finalisasi pendataan yang diwujudkan dalam bank data yang nantinya akan diwujudkan dalam katalog. Proses pengambilan data ini akan disusun dalam narasi oleh para kontributor yang diwujudkan menjadi zine. Kegiatan ini direncanakan akan dilanjutkan menjadi perancangan zine berseri yang nantinya dapat ditampilkan dalam ekshibisi.

Tim penulis:

Patra Aditia, S.Ds., M.Ds. (NIP :23800004), Diani Apsari, S.Ds, M.Ds. (NIP : 19880016),Lira Anindita Utami, S.Ds., M.Phil., Ph.D. (NIP: 23880001)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *